Ulang Tahun Jakarta 494: Anies Kedepankan Kolaborasi Sosial, Untuk Jakarta Bangkit Hadapi Pandemi.

23 Juni 2021 12:54

Kabarjkt.id- Pada upacara Peringatan Hari Lahir Kota Jakarta ke 494 tahun, 22 Juni 2021 di Balaikota Medan Merdeka Selatan, Anies Jabarkan Slogan Jakarta Bangkit. Slogan ini mengandung makna percepatan pemulihan kesehatan, ekonomi menuju kota ketahanan & berkelanjutan. Berbeda dengan slogan tahun sebelumnya Jakarta Tangguh yang menggambarkan ketangguhan warga Jakarta menghadapi ujian. Upacara yang juga diikuti oleh tingkat Walikota, Kecamatan, Kelurahan dan Para ASN Provinsi DKI secara Daring.

Untuk mewujudkannya menurut Anies dibutuhkan kerja bersama, bahu-membahu dan kolaborasi  semua elemen serta sumber daya yang ada di Jakarta. Sesuai dengan sifat dasar dari pribadi warga jakarta yang ulet, siap kerja bersama dan siap menghadapi tantangan.

Sejarah panjang terbentuknya Kota Jakarta dalam riwayatnya tak lepas dari andil Masyarakat Betawi. Mereka menjadi aktor utama, menjadi fasilitator bagi Kota dan warga lainnya. “Dalam perjalanan Kota ini Masyarakat Betawi telah menjadi Simbol fasilitator tumbuhnya perasaan persatuan, tumbuhnya perasaan kebangsaan & kebersamaan. Masyarakat betawi menghadirkan perasaan kesetaraan, karena mereka memfasilitasi semua unsur bangsa yang ada untuk hadir di kota ini bukan hanya mencari kehidupan juga memberi kehidupan dan arti pada kota ini.” pungkas Anies dalam pidatonya.

Perjalanan panjang kota Jakarta yang hampir 500 tahun adalah kisah menghadapi peluang dan juga kisah menghadapi tantangan. Berdatangan dari seluruh Nusantara. Semua unsur dan elemen datang ke kota Jakarta lalu ikut mendorong kemajuan Kota. Mendorong untuk kemajuan ekonomi, kesenian, budaya, dan kemajuan peradaban.

Dengan modal dasar Warga Jakarta yang ulet, tangguh dan siap menghadapi tantangan Anies yakin Jakarta akan berhasil melewati krisis pandemi. Terlebih semua Sumber daya dan elemen ada di Jakarta. kolaborasi Sosial adalah kunci menghdapi ujian ini. “Generasi ini adalah generasi yang ditakdirkan untuk menghadapi tantangan dan ujian, Generasi tangguh pejuang. Karena Allah tak akan memberikan kesulitan, ujian diluar kemampuan hambanya.” ujar Anies.

Sementara itu dalam keterangannya Ketua Umum Jaringan Relawan Indonesia (JARI ABW) Abdul Salim mengamini pernyataan Gubernur. “Saya bagian dari Masyarakat Betawi mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan Gubernur kepada kami. Sebagai wujud tanggung jawab kepada kota tercinta, relawan kami berkolaborasi dengan pengurus wilayah bahu membahu mengadakan penyemprotan, pembagian masker dan sabun cair keliling pelosok. Insya Allah akan disusul dengan pemberian vitamin dan logstik untuk warga yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya dibeberapa lingkungan Rw. langkah kecil dari kami semoga bermanfaat.” Ucap Abdul Salim.

-Red

  

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments