Anies Resmikan Gapura China Town Glodok, Yang Pernah Diruntuhkan Jepang

1 Juli 2022 07:03

Kabarjkt– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura China Town Kamis sore (30/7/2022). Gapura yang terletak didaerah Pancoran Glodok ini dibangun selama 3 bulan atas inisiatif  tokoh masyarakat tionghoa dan disampaikan saat Gubernur mengunjungi tempat ini di tahun 2018. “Pa Bambang Sunarko, Pak Anwar, Pak Yusuf waktu itu kita kumpul sama-sama, menyampaikan aspirasi. Pak boleh tidak kalau gapura yang dulu ada disini dibangun kembali, waktu itu saya katakan boleh sekali. Kita harus tunjukkan bahwa kita menghormati perjalanan sejarah. 2018 direncakanakan Covid Datang dan project itu tertunda. Hari ini Alhamdulillah 30 Juni 2022 Gapura China Town Resmi ditegakkan ditempat ini.” Pungkas Anies yang disambut gemuruh tepuk tangan undangan.

Sebelumnya Bambang Sunarko memberi apresiasi  penuh kepada camat Tamansari dan Walikota Jakarta Barat Wahyu Yani Purwoko yang hampir setiap hari mengunjungi lokasi pembangunan gapura, memastikan pembangunanny selesai.

Sambil berjalan kaki Anies Baswedan menuju panggung acara yang berada didepan.gedung China Town Point Glodok diringi dengan musik khas betawi Tanjidor dan disambut atraksi barongsai di tenda acara. Anies dan tokoh masyarakat Tionghoa lainnya menyempatkan memberi angpau kepada barongsai sebagai bentuk apresiasi.

Proyek pembangunan gapura sempat terhenti. selama pandemi, dan pada tanggal 30 Juni 2022 gapura selesai dibangun dan berdiri dengan megah sebagai lambang persatuan dan keberagaman masyarakat Jakarta.

“Keberagaman adalah Anugerah Yang Kuasa, Tapi Persatuan adalah ikhtiar yang diusahakan bersama. Hari ini kita memilih untuk bersatu. Gapura ditempat ini berbeda, warna yang dipilih bukan merah, dengan warna beton agar di ingat bahwa ini ikon Jakarta. Bermotif naga dan awan yang merupakan lambang kemakmuran dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa. Saya berharap warga disekitar sini menjadi tuan rumah yang baik ketika ada wisatawan yang datang baik domestik maupun internasional sambut mereka dengan kehangatan, sambut mereka dengan Jakarta yang luar biasa sehingga mereka pulang dengan kenangan yang menyenangkan.” Ujar Anies diakhir sambutannya.

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru