Gandeng Bamus Betawi 1982, Anggota DPRD DKI Faisal Sebarluaskan Perda Pelestarian Budaya Betawi.

21 Maret 2022 02:54
Reses Anggota DPRD DKI Faisal. (20/03/2022).

Kabarjakt- Minggu malam (20/03/2022) Sekretariat Rw 08 Kelurahan Pejagalan didatangi warga, sebagian warga yang datang adalah alumni SMP 112 Telukgong. Berbaris dengan tertib  dan taat masker mereka mengisi absensi hadir untuk kemudian diberikan box makanan siap saji dan cinderamata tas sekolah dari Anggota DPRD DKI Komisi A Faisal, yang mengundang untuk menyebarluaskan Perda N0 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi.

Ketua Rw 08 Pejagalan Margono, menyambut baik dan mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Faisal. ” Budaya Betawi harus kita lestarikan dan kembangkan, jangan kalah dari budaya Asing kususnya budaya barat.” Ucap Margono.

Dalam sambutannya Faisal menjelaskan maksud dan kedatangannya bertemu warga. “Hak Warga untuk mendapatkan informasi, dan kewajiban saya melaksanakan amanat Undang-Undang untuk menyampaikan informasi dan menyerap aspirasi warga di dapil pemilihan saya, terlepas apakah warga di wilayah tersebut memilih saya atau tidak. Tanggung jawab tetap saya jalankan. Alhamdulillah kemarin kita berhasil mengawal pengadaan Pompa untuk  warga pejagalan guna antisipasi banjir. Di Kelurahan Kapuk Kamal yang susah sekali air Pam, sekarang sudah masuk air bersih” Ujar Faisal.

Ketua DPD Bamus Betawi 1982 Jakarta Utara, Moch Ridwan yang akrab dengan panggilan Boim secara rinci menjelaskan kandungan Perda No. 4 Tahun 2015 pasal perpasal diselingi dengan becandan khas betawi. “Betawi itu Religius, dalam kehidupannya ada 3 pedoman yang dipegang; Sholat, Sholawat dan Silat. Hierarki di suatu kampung, Ulama atau Ustad ditempatkan dalam posisi terhormat. Setelah itu Kepala Kampung yang disebut Bek, lalu ada jawara kampung namanya Jago.” Runut Boim Menjelaskan.

“Ada Delapan Ikon Budaya betawi yang diatur Pergub No.11 Tahun 2017. Bapak Ibu sudah tahu yaa?  ‘Beluum Bang’. Kompak audiens menjawab. “Delapan Ikon budaya betawi; Ondel-ondel, Kembang kelapa, Ornamen Gigi Balang, Baju Sadariah, Kebaya Kerancang, Batik Betawi seperti yang saya pake, Kerak Telor lalu Bir Pletok.” Tambah Boim.

Selesai pemaparan, audiens menggunakan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. Antusiasme terlihat dari pertanyaan yang dilontarkan.

Kepada media kabarjkt.id Anggota Komisi A DPRD DKI Faisal  mengucapkan terima kasih kepada warga atas sambutan dan penerimaannya. ” Dua kali hari ini saya bersilaturahmi dengan warga di Kelurahan Pejagalan setelah sore sebelumnya saya menjelaskan Perda No. 8 tahun 2006 terkait pendidikan.” Jelas Faisal.

-Red AG-

 

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru