Antisipasi Lonjakan Covid di Wilayah, Rw 02 Pekojan Inisiasi Tempat Isolasi Mandiri.

28 Juni 2021 02:05

Kabarjkt.id Langkah taktis dilakukan oleh Satgas Covid Rukun Warga 02 Pekojan, mereka menyiapkan Aula Serba guna yang juga Ruang Paud dan ruangan sekretariat Rw sebagai tempat isolasi mandiri warganya. Guna mengantisipasi lonjakan covid yang ada diwilayah Rw 02.

Seperti yang terlihat dari kunjungan kami, Minggu malam (27/06/2021) ke Sekretariat Rw 02 Pekojan. Kantor Rw yang cukup luas dan Asri, ada Ruang Paud, Mushollah, Toilet, dan Taman Bacaan yang hampir selesai tahap pembangunannya. Terletak di seberang Jalan Layang penghubung antara Jembatan Lima dan Kota Tua Batavia. ” Pekojan Tambora juga salah satu destinasi Heritage dimana terdapat beberapa bangunan dan Rumah Ibadah yang mempunyai nilai Historis panjang. Kedatangan Kami diterima oleh ketua Rw Acep Budi Wijaya serta Jajarannya.

“Kami menyiapkan kemungkinan terburuk, mudah-mudahan saja tidak terjadi. Kalau lonjakan penularan covid terjadi diwilayah, ini bentuk antisipasi untuk warga yang terpapar covid gejala ringan atau tanpa gejala. Mengingat padatnya lingkungan kami, beberapa warga ada yang melakukan perawatan di wisma Atlet, Alhamdulillah sebagian besar yang terpapar covid diwilayah kami banyak yang sembuh.” Ujar Usman pembina wilayah sekaligus satgas covid Rw 02 Pekojan Tambora membuka pembicaraan.

Kasur busa, Perlengkapan semprot disinfektan, hand sanitizer dan perlengkapan penunjang lainnya sudah disiapkan di sekretariat pada saat kami melakukan kunjungan. “Insya Allah tempat ini representatif, warga bisa melakukan Isolasi Mandiri dengan tenang tanpa takut menularkan kepada keluarganya, paparan sinar matahari cukup, ruangan lumayan luas, tersedia perlengkapan olahraga, ruang terpisah antara pria & wanita, Toilet dan Mushollah juga ada, lalu pemenuhan gizi, vitamin untuk warga nantinya akan kami penuhi. Namun tentunya kami masih harus berkordinasi dengan pihak 4 Pilar; Kelurahan, Bimas, Babinsa dan puskesmas terkait keberadaan tempat isoman ini, agar mereka support.” pungkas Acep Budi Wijaya Ketua Rw sekaligus komandan Satgas Covid Rw 02 Pekojan.

Partisipasi seperti ini memang dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah guna memutus mata rantai penyebaran Covid, warga dan satgas covid di lingkungan berkolaborasi melakukan terobosan dan inisiatif untuk melindungi warganya. langkah seperti ini bisa diaplikasikan di wilayah lainnya,  dengan langkah yang sama atau Inisiatif yang berbeda. Bentuk Kerja-kerja besar yang melibatkan semua elemen masyarakat, bahu membahu, tolong menolong. Sesuai dengan Slogan dan semangat Kota Jakarta Tercinta City of Collaboration. Jakarta Kota Kolaborasi.

-Red

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments