Apel Kesiapsiagaan Dampak La Nina, Gubernur Anies: Siaga, Tanggap Dan Galang.

14 November 2021 11:49
Apel Kespsiagaan Dampak La Nina. (14/11/2021)

Kabarjkt- Minggu pagi (14/11/2021), PMI DKI Jakarta menggelar Apel Siaga Bencana Dampak La Nina di Taman Kota Waduk Pluit Jakarta Utara. Dihadiri para pejabat lingkungan Pemprov DKI, jajaran Lantamal-3, Kodim 05-02, Dandim, Kapolres Jakarta Utara, Dewan Kehormatan, Dewan Pembina dan para relawan dari berbagai unsur. kegiatan ini di komandani langsung oleh ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi.

Pada Apel Siaga Bencana, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selaku pembina Apel Siaga menegaskan 3 hal yang harus dikerjakan, dan menjadi kunci memasuki waktu-waktu dimana ada resiko bencana alam, yaitu Siaga, Tanggap dan Galang. “Siaga bukan soal upacara, siaga bukan soal menyiapkan alat2, siaga adalah Antisipasi untuk menyelamatkan. Konkret yang mau disiagakan dimana? Persiapannya apa? Langkahnya apa? Arahan Gubernur di depan perwakilan para relawan tanggap bencana.

Digelar pula Simulasi penyelamatan korban bencana, dapur umum hingga relokasi korban yang tempat tinggalnya terdampak. Ketua Ranger 22 Relawan Antar Generasi (Salah satu perwakilan relawan yang hadir -Red), Iswadi menghimbau pada seluruh anggota Ranger 22 untuk turut serta berkolaborasi dalam tanggap bencana. “Terutama sekarang ini memasuki musim penghujan agar siaga dan aktif bersinergi dengan unsur masyarakat setempat mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi sesuai pesan Gubernur Anies Baswedan.” Ucap Iswadi. 

Dalam jumpa pers Rustam Effendi, Ketua PMI DKI Jakarta mengungkapkan Acara ini menunjukkan kesiapsiagaan PMI bersama unsur masyarakat siap membantu masyarakat bilamana terjadi bencana akibat La Nina. Gubernur DKI Jakarta ditengah jumpa pers menyampaikan bahwa fenomena La Nina itu nyata dan berharap Jakarta bisa melewati dengan selamat dan sehat pasca musim penghujan ini.
Gubernur DKI Jakarta juga mengapresiasi kegiatan ini yang menunjukkan adanya kesungguhan solidaritas dan kesiapan untuk bekerjasama menghadapi bencana.

Ketua Umum Jaringan Relawan Indonesia (Jari) Abdul Salim yang hadir saat Apel Siaga mengungkapkan bahwa kesiapsiagaan dan Antisipasi ini bagian dari Jakarta sebagai Smart City. “Pada 23 Janji Kampanyenya, Gubernur Anies Baswedan tidak pernah berjanji untuk menghilangkan Genangan banjir di Jakarta. Namun data dan fakta berbicara, target Anies untuk Genangan di semua wilayah 6 Jam setelahnya wajib surut. dan kita lihat setiap selesai hujan, kurang dari 12 Jam Genangan memang surut.  Langkah Anies Baswedan mengantisipasi dan meminimalisir dampak genangan menurut hemat kami adalah yang terbaik.” Pungkas Salim.

-Red RAM & AR-

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru