Anies Tunaikan Janji Tepat di Hari Kemerdekaan, Hadirkan Keadilan Sosial Di Kampung Akuarium.

17 Agustus 2021 03:20
Gubernur beserta Wagub ditengah Anak Kampung Akuarium. (17/08/21)

kabarjkt.id – Senyum Ceria menghampiri mayoritas Warga yang hadir saat Gubernur meresmikan Kampung Susun Akuarium, Pun dengan anak-anak yang hadir. Mereka kompak mengibarkan bendera kecil merah putih menunggu Gubernur untuk mewujudkan Penantian panjang yang berbayar dengan kebahagiaan. Selasa (17/08/21).

11 April 2016 Kampung Akuarium yang berlokasi di Utara Pasar Ikan dan Selatan Pelabuhan Sunda Kelapa digusur Gubernur era sebelumnya dengan tujuan untuk membangun sheetpile, warga di relokasi ke Rumah Susun Marunda dan Rawa Bebek Jakarta Timur. Mayoritas warga menolak penggusuran sepihak karena sebagian besar warga yang berprofesi sebagai nelayan terganggu aktivitas ekonominya.

Pembangunan Kampung Susun Akuarium yang dimata sebagian kecil pengamat dianggap sebagai Program pencitraan Anies, justru disambut warga dengan sukacita dan air mata bahagia.

Pembangunan tahap I yang menyelesaikan 2 Blok bangunan lima lantai dan 107 Unit Hunian tipe 36 berhasil dirampungkan dari total 5 Blok yang akan dibangun, berkat kolaborasi antara berbagai Pihak, Muli dari Dinas Perumahan, Pengembang, Aktivis pengamat perkotaan sampai dengan warga kampung Akuarium.

“Hari ini memang hari merayakan 76 Tahun Indonesia Merdeka. Saya selalu menggarisbawahi bahwa Merdeka bukan hanya dari tapi juga untuk, merdeka dari kolonialisme, merdeka dari keterbelakangan, merdeka dari keterjajahan tapi juga merdeka untuk keadilan, merdeka untuk kesejahteraan, merdeka untuk kesetaraan. Dan itu semua yang kita rayakan hari ini di kampung Akuarium. Merdeka untuk keadilan, merdeka untuk kesejahteraan.” terang Anies yang hadir dengan formasi lengkap ditemani oleh Wagub dan Sekretaris Daerah Marullah Matali.

“Tadi diceritakan prosesnya panjang, semua mendapatkan kesempatan yang sama dengan semangat kesetaraan, inilah Kolaborasi. Pemerintah yang mempunyai sumber daya, pemerintah yang mempunyai kewenangan, tapi masyarakat yang memahami kebutuhan, masyarakat yang mengerti kompleksitas komunitasnya. Dibicarakan bersama sehingga muncul solusi, karena itu prosesnya pelan, bukan lambat. kalo lambat tidak sesuai target. Pelan dikerjakan dengan tu’maninah, tenang. Dihari kemerdekaan ini kita tidak hanya memperingati dengan Upacara semata, tapi juga menghormati pendiri, bahwa cita-citanya di Kampung Akuarium sekarang menjadi kenyataan.” tambah Gubernur.

Pada pidato sambutannnya Ketua Koperasi Akuarium Bangkit Madiri, Dharma Diani terharu dan bangga akhirnya cita-cita dan mimpi besar warga Kampung Akuarium memiliki hunian baru terwujud. “Benar ya Pak, besok sudah bisa kita huni.” Ucap Bu Yani dengan linangan air mata bahagia.

Ketua Umum Jari Abw Abdul Salim yang hadir saat acara mengungkapkan banyak kerja-kerja nyata Gubernur yang berimplikasi positif kepada warganya. “Alhamdulillah Jakarta merayakan hari kemerdekaan dengan capaian-capaian positif. Kasus Aktif covid menurun, Pembangunan Kota yang terintegrasi tetap berjalan, Stadion Internasional Jakarta hampir selesai, dan sekarang Kampung Susun Akuarium selesai pembangunan tahap pertama. ini tentu selaras dengan slogan awal gubernur Maju Kotanya, Bahagia Warganya.” Ujar Salim.

-Red (AG)

 

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru