Parade Ramadan Katar Gropet Gelar Santunan Anak Yatim dan Dhuafa di Kelurahan Grogol, Lutfi Nasution: Trobosan Baru, Pemda Harus Mendukung.

25 April 2022 04:44

Kabarjkt- Parade Ramadan Karang Taruna (Katar) Kecamatan Grogol Petamburan (Gropet), Kota Administrasi Jakarta Barat, merupakan program kerja yang dicanangkan Katar Gropet dalam mengisi bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Program ini diisi dengan berbagai bentuk kegiatan, baik yang bersifat menyalurkan minat dan bakat, pemberdayaan ekonomi, seni dan budaya, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta kegiatan sosial berupa santunan anak yatim dan dhuafa.

Buka Puasa Bersama dan Santunan untuk 100 Anak Yatim dan Dhuafa menjadi puncak rangkaian kegiatan Parade Ramadan Katar Gropet, yang digelar di halaman Masjid Jamie Al Karomah RT 08 RW 09, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat pada Minggu (24/4/2022). Kegiatan ini juga diisi dengan tausiah Ramadhan yang disampaikan oleh Ustad Nurudin.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Masjid Jamie Al Karomah H.M Rafi’i, Badan Pembina Yayasan Masjid Jamie Al Karomah H. Ali Jaya AR, Ketua Masjid Jami Al Karomah Ustad Makhrotib, Ketua RW 09, LMK RW 01 Subur, LMK RW 06 Rahmat, LMK RW Budi Harto Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta Ketua dan pengurus Katar se-Kecamatan Grogol Petamburan.

Sebagai tuan rumah kegiatan, Ketua Karang Taruna Kelurahan Grogol, Ahmad Nurul Syahrachman atau yang akrab dipanggil Bang Ulung, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT Jarum Super, Forum Peduli Kasih, para donatur, serta wabil khusus Ketua Panitia Saudara Qadry Irkhamy dan Saudara Ahmad Basyari Ketua Katar Unit RW 09 yang dengan susah payah, akhirnya dapat menyelenggarakan kegiatan ini,” katanya.

Menurut Bang Ulung, kegiatan ini memang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan Katar Grogol dibulan suci Ramadan untuk berbagi dalam menyambut hari Raya Idul Fitri se-Kelurahan Grogol.

“Santunan Anak Yatim dan Dhuafa ini merupakan kegiatan rutin tahunan kami dibulan suci Ramadhan, untuk saling berbagi dengan sesama saudara kita dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Kali ini kegiatan kami menjadi rangkaian kegiatan Parade Ramadhan yang digagas oleh Karang Taruna Kecamatan Grogol Petamburan,” jelas Ulung.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Kecamatan Grogol Petamburan Holit menuturkan, bahwa Parade Ramadhan ini dilaksanakan se-Kecamatan Grogol Petamburan ini sebagai bentuk kepedulian Katar terhadap lingkungan sosial, pembinaan generasi muda dalam menyalurkan hobi, serta berupaya melakukan peningkatan ekonomi, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan dibulan suci Ramadan yang penuh berkah ini.

“Alhamdulillah, Katar Gropet akhirnya dapat menyelesaikan rangkaian kegiatan Parade Ramadhan yang puncaknya dilaksanakan hari ini. Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pembinaan generasi muda, baik dalam peningkatan sektor ekonomi maupun kepedulian sosial, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan dibulan yang penuh berkah ini, khusus kader Katar maupun masyarakat pada umunya,” tuturnya.

Bang Holit juga mengungkapkan bahwa Parade Ramadhan ini dilaksanakan di Kelurahan Tomang, Jelambar, Jelambar Baru, Wijaya Kusuma, Tanjung Duren Utara, Tanjung Duren Selatan dan Grogol, dengan beragam kegiatan yang bermanfaat.

“Program ini sengaja kami buat ditiap-tiap Kelurahan se-Kecamatan Grogol Petamburan, ada kegiatan Futsal Ramadhan, Bazar Takjil, Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Azan, Pawai Budaya Obor, dan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa, semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita dan masyarakat” ungkap Holit.

Ditempat terpisah Lutfi Nasution, tokoh pemuda setempat dalam keterangannya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain sebagai terobosan baru, apa yang dilakukan Katar Gropet membawa dampak positif bagi generasi muda.

“Ini kegiatan yang bagus yang dilakukan Katar Kecamatan Grogol Petamburan untuk mengisi ruang kosong dalam pembinaan generasi muda sampai tingkat kampung. Ini terobosan baru yang harus terus dikembangkan dan ditingkatkan supaya generasi muda berdaya, bermanfaat dan peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya,” imbuhnya.

Lutfi juga berharap agar pemerintah pusat maupun daerah memberikan perhatian lebih untuk Karang Taruna sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda sampai tingkat kampung sebagai generasi penerus kepemimpinan ditingkat wilayah ataupun ditingkat nasional.

“Saya berharap agar pemerintah pusat memberikan perhatian lebih terhadap pembinaan Katar, mengingat peran Katar sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda dilingkungan kampung atau Rukun Warga (RW). Apalagi Katar bisa menjadi wadah mencetak generasi penerus dalam tongkat estafet kepemimpinan ditingkat wilayah ataupun ditingkat nasional,” pungkas Lutfi.

-Red FHM-

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru