Kajian Rutin Muhammadiyah Tambora: Menyusun Materi Menjadi Kunci Keberhasilan Seorang Khotib

19 Februari 2022 03:04

Kabarjkt- Di acara Kantin, Kajian Rutin Serial Khutbah, Ta’lim Khotobah Masjid Nashrullah dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tambora Jakarta Barat yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi dengan narasumber Ustd. Fahmi Akbar dengan tema  ‘Menyusun Materi Khutbah Singkat.’ Fahmi mengatakan bahwa khutbah merupakan sarana dakwah yang paling efektif, sebab pada saat yang sama audiensi atau jamaah tidak boleh menyela seorang khotib. Dan untuk menyampaikan pesan yang efektif dibutuhkan persiapan materi khutbah yang tepat sesuai dengan keadaan, kebutuhan dan kondisi yang diharapkan jamaah.

Menyusun materi menjadi kunci keberhasilan seorang khotib. Materi dapat disusun dalam bentuk narasi atau pointer dengan bersumber dari visual (apa yang dilihat), audio (apa yang didengar) dan feeling (apa yang dirasa).

“Dari ketiga sumber materi khutbah tersebut, pilihlah yang sesuai dengan kecenderungan diri. Jika cenderung pada visual maka susunlah materi dengan mengkaitkan dengan cakupan pandangan yang dilihat. Bila cenderung pada audio maka materi akan disusun berdasarkan dengan informasi yang didengar. Ada juga khotib yang mendasarkan materinya pada apa yang dirasa (feeling). Pungkas Ustadz Fahmi.

-Red ZN-

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru