Hanna, Petugas Puskesmas Kedoya Selatan Berikan Edukasi Pentingnya Revitalisasi Tangki Septik Kepada Warga.

26 Februari 2022 10:25

Kabarjkt- Hanna, petugas Puskesmas Kelurahan Kedoya Selatan didampingi Jaka Kasie Kesra mewakili Lurah Kedoya Selatan, Hudori Ketua RT 004/02 dan petugas Tim Baseline Survey Revitalisasi Paljaya memberikan edukasi kepada warga pentingnya melaksanakan program revitalisasi tangki septik rumah tangga dengan dasar hukum Pergub DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2021. Menurut data Dinas Lingkungan Hidup tahun 2015, seluruh sungai dan badan air di DKI Jakarta tercemar Fecal Coliform dan menurut data IUWASH tahun 2019, air tanah Jakarta 90% sudah tercemar Fecal Coliform. Jumat (25/02/2022).

Lingkup kegiatan revitalisasi tangki septik ini adalah penggantian atau pemasangan tangki septik rumah tangga dengan kriteria rumah yang belum memiliki tangki septik atau ada tangki septik tapi belum kedap. Rumah di kawasan kumuh, wilayah kondisi air tanah dengan tingkat pencemaran bakteri Coliform yang tinggi dan perilaku buang air besar langsung di sungai atau laut yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan meracuni biota dan mahluk hidup di habitat tersebut. Selain itu, perilaku ini dapat memicu penyebaran wabah penyakit yang dapat ditularkan melalui lalat yang sebelumnya hinggap di kotoran lalu menempel di makanan dan makanan tersebut dimakan manusia. Selain masalah kesehatan, kondisi sanitasi yang buruk juga dapat mengakibatkan stunting pada anak.

“Manfaat dan fungsi revitalisasi tangki septik untuk melindungi kesehatan masyarakat dari penyakit. Melindungi dari gangguan estetika, bau dan menjaga lingkungan menjadi bersih, sehat dan nyaman. Bukan tempat berkembangnya serangga sebagai vektor penyakit. Melindungi pencemaran pada penyediaan sumber air bersih dan lingkungan.” jelas Hanna kepada warga.

-Red ZN-

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru