Bank Sampah Kemuning Rw 05 Grogol: Sampah Berkurang, Ekonomi Warga Meningkat.

12 November 2021 03:53

Kabarjkt- Bank sampah adalah tempat untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah, berdasarkan jenis materilnya. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke Bank Sampah Induk (BSI). Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan.

Bank sampah berdiri karena adanya keprihatinan masyarakat atas lingkungan yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah. Baik organik maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, hingga memerlukan pengolahan seperti mendaur ulang sampah menjadi bahan yang berguna.

Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Seperti halnya Di wilayah RW 05 Kelurahan Grogol, bank sampah yang dikelola warga diberi nama Bank Sampah KEMUNING didirikan pada tanggal 28 Februari 2018 yang dimotori oleh Istimin Dratno seperti yang dikemukakan oleh ketua LMK RW 05 Ucu Sumardi.

Kamis (11/11/2021) aktivitas penyetoran sampah organik dan non organik di Rw 05 Grogol berjalan dengan tertib, warga membawa sampahnya dari rumah, kemudian di timbang dan dicatat pada buku yang dipegang oleh warga dan admin.

Bukan hanya itu diwilayah RW 05 Kelurahan Grogol Bank Sampah Kemuning juga mengumpulkan minyak curah yang bekerjasama dengan PKK serta Rumah kutub. Sudah berjalan selama 1 bulan belakangan ini. Untuk jadwal penyetoran Bank Sampah atau Minyak Curah Warga Rw 05 setiap hari Kamis  dimulai Pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 Wib.

-Red SFH-

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments