Dukung Program Jakarta Langit Biru, PT BPM Bersama UP Dishub Dan Dinas Lingkungan Hidup Adakan Uji Emisi Gratis

14 Juni 2022 12:38

Kabarjkt– Jakarta, Demi mendukung Program Jakarta Langit Biru saat ini, dengan adanya Pergub 66 tahun 2020, tentang uji emisi dan gas buang di wilayah DKI Jakarta yang tertuang didalam peraturan tersebut diwajibkan semua kendaraan bermotor haru lulus uji emisi.

Dalam kewajiban uji emisi kendaraan tersebut sudah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020, yang dimana bunyinya tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Didalam pergub tersebut dijelaskan bahwa sasaran uji emisi gas buang untuk kendaraan bermotor meliputi mobil penumpang perorangan dan sepeda motor.

Untuk kategori jenis mobil penumpang serta perseorangan dan sepeda motor untuk kali ini yang jadi sasaran uji emisi adalah kendaraan yang batas usianya lebih dari tiga tahun.

Dalam peraturan tersebut disebut kendaraan yang wajib dalam uji emisi adalah jenis kendaraan yang operasi masuk di wilayah seluruh DKI Jakarta.

Perlu diketahui dalam Pergub No. 66 Tahun 2020 tersebut, bahwasanya setiap pemilik kendaraan bermotor wajib harus melakukan uji emisi gas buang dan yang memenuhi ambang batas emisi.

Bahwasanya dalam kewajiban uji emisi gas buang untuk kendaraan bermotor dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun yang dilaksanakan di tempat uji emisi dan dilakukan oleh teknisi uji emisi.

Dalam peraturan tersebut kendaraan yang belum lakukan dan tidak lulus untuk uji emisi akan dikenakan sanksi dan tilang.

Dengan mengacu terkait mendukung penuh peraturan tersebut, sebuah perusahaan swasta yang bernama PT Bangun Parkir Mandiri hari ini bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan, unit pelayanan parkir DKI dan seluruh pihak terkait, mengadakan uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor yang beralamat di sekitaran jalan Pasar Baru, tepatnya di parkir Gedung Istana Pasar baru,Jakarta Pusat, pada hari ini Selasa (14/6/2022) pukul 08:00 s/d 15:00 WIB.

Saat awak media berusaha menkonfirmasi salah satu panitia yang menyelenggarakan acara uji emisi gratis tersebut, Rusli Dirut PT. BPM mengungkapkan bentuk dukungan penuh dan kepedulian kami dari PT. Bangun Parkir Mandiri bekerja sama dengan seluruh dinas terkait yang ada di wilayah Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, pada hari ini mengadakan uji emisi untuk kendaraan bermotor roda dua dan empat secara gratis alias tidak dipungut biaya.

Tambahnya ia juga sebagai warga negara Indonesia yang baik mengatakan setuju dan mendukung penuh adanya Pergub 66 Tahun 2020 yang dimana tentang uji kelayakan emisi dan gas buang untuk seluruh jenis kendaraan bermotor roda dua dan empat.

“Dengan diselenggarakan adanya uji emisi dan gas buang secara gratis ini, harapan Rusli agar seluruh jenis kendaraan bermotor untuk roda dua dan empat khususnya yang berada di wilayah DKI Jakarta tidak menimbulkan polusi udara”, tutupnya.

PT. BPM juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan hidup dan seluruh pihak terkait yang sudah membantu terciptanya bentuk kepedulian kami demi membuat acara uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor pada hari ini Selasa (14/6/2022).

Terlihat pantauan Awak media, sangat antusias sekali para pengendara sepeda motor dan mobil yang lewat untuk ikut adanya uji emisi gratis dan pengecekan gas buang untuk kendaraannya.

Salah satu pengendara sepeda motor roda empat Agus saat awak media temui berkata, “Saya sebagai warga sangat senang dengan adanya acara seperti ini secara gratis, yang dimana biasanya kami harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan besar.”

Lanjutnya, “Harapan kami kedepannya agar sering diadakan lagi acara seperti ini, agar kita selalu bersama-sama peduli agar polusi udara kita yang ada di wilayah DKI Jakarta tidak tercemar.

Perlu diketahui dalam Pergub 66 Tahun 2020 bunyinya ialah “Setiap pemilik Kendaraan Bermotor yang tidak melakukan uji emisi gas buang dan/atau tidak memenuhi ketentuan lulus uji emisi gas buang dikenakan disinsentif berupa pembayaran parkir tertinggi mengacu pada Peraturan Gubernur mengenai tarif layanan parkir di ruang milik jalan dan/ atau luar ruang milik jalan.”

(RAM)

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru