Media Online Kabarjkt.id Berikan Pelatihan Jurnalistik Untuk Calon Redaksi Dan Reporter di Batu Lawang Cipanas.

23 Desember 2021 01:31
Plastik Kabarjkt.id, Desa Cipompok Batu Lawang Cipanas (18-19/12/2021).

Kabarjkt- Media Online baru yang mengusung tagline “Kabar Baik Dari Jakarta” Kabarjkt.id mengadakan pelatihan jurnalistik (Plastik) di Dusun Cipompok, Desa Batu Lawang Cipanas Jawa Barat. (18-19 Desember 2021). Dua hari calon Redaksi dan Reporter di gembleng dengan pelatihan yang bertajuk “Kaidah Jurnalistik Pada Media Online”.

Materi pertama pelatihan diisi oleh Fotografer senior Ujang Komar,  dimoderatori oleh Wapemred Kabrjkt.id Daniel.  Materi yang dibawakan Ujang menekankan kaitan Jurnalisme Foto dengan teknik EFDAT (Entire, Frame. Detail, Angle, Time). “Foto Jurnalistik adalah foto yang berbicara, Pembaca sedikit banyak mengetahui isi berita dari foto yang ada tanpa harus membaca semua isi berita. Fotografer jurnalistik masa kini tidak harus memiliki kamera canggih DSLR atau Mirorless, manfaatkan Kamera handpone yang ada dan ikuti kaidah EFDAT untuk mendapatkan hasil yang bagus.” Pungkas Ujang. Sesi tanya jawab dipenuhi pertanyaan dari peserta yang antusias mengikuti materi. “Untuk kategori foto yang punya nilai jual, foto seperti apa bang?” tanya dondon Calon reporter. 

Angin malam dan gerimis di Bukit Cipompok Batu Lawang tidak menyurutkan semangat calon redaksi dan reporter mengikuti kegiatan sampai tuntas. Sebagian peserta melapisi tubuhnya dengan jaket dan kaos kaki, menyiasati dinginnya malam Cianjur. Untuk menghangatkan suasana panitia pelatihan menyuguhi peserta dengan kopi hitam, teh manis dengan Jagung bakar dan rebus sebagai camilannya.

Pada sesi kedua, Abdul Gofur Pemimpin Redaksi Kabarjkt.id memberikan paparan terkait Apa itu Kabarjkt.id, latar belakang serta tujuan di buatnya. “Latar belakang calon redaksi dan reporter dari aktivis ormas, lsm, FKDM, LMK dan elemen masyarakat lainnya tentunya pernah menjalankan peran sebagai jurnalis; Menulis dan mengabarkan. Untuk itu kita sama-sama belajar dan mempertajam kemampuan menulis dan fotografi kita di media Kabarjkt. Tagline yang diusung oleh media kita adalah ‘Kabar Baik Dari Jakarta’ kita fokus menyampaikan kebaikan, dan berita yang bertujuan memperbaiki dengan basis wilayah Jakarta tapi tidak menampik berita kebaikan dari skup Nasional dan Dunia. Adagium bad news is a good news, atau berita sensasi insya Allah kita hindari”. Pungkas Abdul.

Pelatihan Jurnalistik ditutup dengan penyerahan sertifikat dan polo T-Shirt Kabarjkt.id kepada pemateri dan peserta. juga penyerahan piagam terima kasih dan cindera mata kepada pihak  yang sudah banyak mensupport Kegiatan,  Tuan Rumah Hj. Sri Ningsih, yang juga anggota FKDM Kecamatan Kembangan; sosok perempuan mandiri dan tangguh yang mengabdikan sebagian waktunya untuk pendidikan anak-anak usia dini di dusun berbukit cipompok. Ketua forum Rt-Rw Tambora, Heru Sutrianto dan Pemateri Ujang Komar. Sertifikat dan Cindera Mata di serahkan secara simbolis oleh Redaktur Senior Zaini.

-Red AG/ARF-

 

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru