Masjid Jami Arif Rahman Laksanakan Sholat Idul Fitri di Ruas Jalan Jelambar Barat.

4 Mei 2022 01:02

Kabarjkt– DKM Masjid Jami’ Arif Rahman, Jelambar Baru menggelar Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H / 2022 M, Senin pagi(02/05/2022), untuk jamah masjid dan umat muslim disekitarnya. Sekitar 800 orang hadir dan memang tidak akan tertampung bila dilaksanakan di dalam masjid.

Ini merupakan wujud rasa syukur Umat Islam atas kemenangan menahan hawa nafsu selama 1 bulan penuh, yakni Kewajiban Puasa Ramadan.

Persiapan acara dimulai sejak malam akhir Ramadan hingga pagi hari diringi gema takbir, tasbih serta tahlil (Takbiran) dari dalam Masjid serta di iringi tabuhan Bedug sebagai tradisi yang menambah meriahnya acara tersebut.
“Tabuhan Bedug yang membuktikan kekayaan Islam di Nusantara Warisan Para Wali Songo yang masih Terjaga di Masjid Kami.”  Ucap Ahmad Supron (depon) bidang Dakwah Masjid.
Malam takbir juga dilakukan pendistributsian Zakat Fitrah atau Zakat Maal (Harta) kepada mustahik yangharus selesai sebelum pelaksanaan Sholat Ied.

Sholat Ied dibuka oleh ketua panitia A. Masykur laporan infak/sedekah dari Jamaah Masjid secara transparan dan jelas yakni penerimaan dan pengeluarannya, diakhiri dengan Ucapan Terimakasih atas partisipasi dan toleransi dari seluruh warga.

Sholat 2 rokaat serta Khutbah singkat oleh Ust.Odih Hasan, ( Ketua Da’i Muda Banten) yang bertugas sebagai Imam/Khotib. Inti Khutbah yang disampaikannya adalah agar setelah puasa Romadhon ini benar-benar menjadikan kita menjadi Fitri (Suci) kembali seperti bayi baru dilahirkan dengan cara saling memaafkan antar sesama karena tiada manusia yang tidak berdosa, yang penting sifat yang yang kita mau mengakui perbuatan salah/dosa kita dengan saling berjabat tangan bahkan berpelukan. 

“Mengucapkan Minal Adzin Wal Faizin (walaupun bukan kosa kata bahasa arab yang pas), sudah sudah menjadi kelaziman di republik ini menjadi kalimat pembuka dari Mohon Maaf Lahir dan Batin dan menandakan kita saling tulus memaafkan atas kesalahan.” Tutur Khotib.

Selesai Sholat, panitia acara langsung merapihkan tempat dan membersihkan jalan tanpa menyisakan sampah dan kondusif serta lalulintas berjalan normal kembali sekitar jam 08.00 wib,
-Red AS-

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru