Kunjungan ke Eropa: Anies Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Menteri Perdagangan Inggris Anne-Marie

14 Mei 2022 03:00

Kabarjkt- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan pertemuan bilateral dengan the British Secretary of State for International Trade (Menteri Perdagangan Internasional Inggris), Anne Marie Trevelyan, MP. Pada lawatannya ke Benua Eropa.

Kunjungan balasan ini adalah sebagai tindak lanjut kunjungan Menteri Anne-Marie Trevelyan, MP, ke Jakarta pada bulan Februari 2022 lalu membahas potensi kerja sama antara PT MRT Jakarta dengan Inggris terkait pembangunan rute Timur – Barat. Jakarta menyambut baik prakarsa potensi keterlibatan Inggris bersama-sama membangun MRT  Timur – Barat dan juga  potensi kolaborasi antara Jakarta dengan Inggris terkait perbaikan iklim, melihat target Jakarta mencapai emisi nol pada tahun 2050 mendatang.
 
Turut mendampingi Gubernur DKI Jakarta, Sri Haryati selaku Asisten Perekonomian dan Keuangan, Marullah Matali Sekda Provinsi DKI Jakarta, William Sabandar selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta, dan Thomas Trikasih Lembong selaku Komite Investasi DKI Jakarta.
 
“Sebuah pertemuan yang produktif, kami membahas pengembangan hubungan kerja sama untuk mendukung Kota Jakarta mencapai target Net Zero Emissions pada 2050 dan penjajakan kemitraan dengan Pemerintah Inggris untuk pembangunan MRT Jakarta pada fase-fase berikutnya,” ujar Anies, dikutip dari laman Instagram Anies Baswedan Jumat (13/05/2022).
 
Anies akan berkunjung ke tiga negara di Eropa selama delapan hari yaitu Inggris, Jerman, dan Prancis. Dalam kunjungannya ke Benua Eropa, Anies memiliki tiga agenda. Pertama, menindaklanjuti kerja sama di bidang transportasi, termasuk pembiayaan pembangunan MRT, kedua memenuhi undangan dari komunitas sehubungan dengan mobilitas dan transportasi, dan ketiga memenuhi undangan dari negara kerjasama smart city.

Sebelumnya Kamis (12/05/20022) Anies mengadakan forum diskusi dengan mahasiswa doktoral Indonesia yang sedang menyelesaikan studinya di Inggris. dengan tema “Jakarta Post-Pandemic: Smart Technology and Urban Life” yang diselenggarakan oleh Doctoral Epistemic of Indonesian in United Kingdom (Doctrine UK) di King’s College, London.
 
Anies mengajak mengajak teman-teman mahasiswa doktoral membantu program pemerintah. “Hasil riset harus dapat diterapkan sebagai solusi mengatasi persoalan di lapangan. World class competence (kompetensi kelas dunia) harus diimbangi Grassroot understanding (pengetahuan akar rumput).” Ujarnya.
 
“Setelah tamat sekolah, jangan pulang cepat-cepat. Tambahkan pengalaman bekerja, bangun jejaring internasional baru, bantu teman-teman di Indonesia yang membutuhkan jejaring luar. Sehingga saat pulang nanti membawa ilmu, pengalaman dan jejaring, lalu manfaatkan semua itu untuk ikut menjawab tantangan-tantangan bangsa tercinta ini…” Pesan Gubernur dikutip dari laman Instagramnya.
 
-Red AG-

 

 
TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
add

Terpopuler

new-1572747_640

Berita Terbaru